-->

1 RAMADHAN 1430 HIJRIYAH

Diwajibkan bagi kita sebagai orang mukmin yang beriman untuk melakukan puasa di bulan suci Ramadhan.

Hikmah dari seorang ahli sufi yang sering menahan lapar.
Diriwayatkan ada satu keluarga membeli seekor anak domba yang sudah dipanggang dari tetangganya. Ketika keluarga itu akan mulai memakannya,tiba tiba datang seorang sufi,lalu ia diajak makan bersama. Ahli sufi itu mengambil sepotong,tetapi baru saja mau dimakan,seketika daging itu dimuntahkan dari mulutnya. Tak ayal keluarga itu menjadi kaget dan heran. Lalu keluarga itu bertanya kepada ahli sufi kenapa daging domba itu dimuntahkan.?
Ahli sufi menjawab: "Saya seorang fakir,sedangkan kalian terserah menurut kehendak kalian." Kemudian ia pun pergi. Atas kejadian tersebut,keluarga itu pun merasa enggan memakannya. Dan mereka berkata;"Sebaiknya kita tanyakan kepada yang menjual domba ini,mungkin ada sesuatu yang tidak baik." Setelah didesak akhirnya si penjual domba panggang mengakui bahwa sebenarnya domba itu adalah bangkai. Ia menjualnya karena butuh uang. Selang berapa lama,keluarga itu bertemu lagi dengan ahli sufi, lalu ditanyakan apa sebab tempo hari ahli sufi tidak mau memakan daging domba. Ahli sufi menjawab;"Demi Allah, saya sudah beberapa tahun lamanya berpuasa dan saya sudah tidak ada selera untuk makan, tetapi ketika kalian menyuruh saya makan daging panggang itu,tiba-tiba selera makan saya meningkat, maka saya berpikir tentu dibalik itu pasti ada sebabnya. Karena itulah maka akhirnya sepotong daging itu saya muntahkan kembali."